Jumat, 31 Juli 2009

Pengumuman SNMPTN

Bisa dikatakan pengumuman SNMTN akan sangat mempengaruhi keimanan. Bukan hanya pengumuman SNMPTN ya, melainkan pengumuman disini mengalami generalisasi makna ke pengumuman-pengumuman kelulusan lainnya. Karena waktu ini masa menunggu pengumuman SNMPTN, maka bahasanya Pengumuman Kelulusan SNMPTN.

Kalau kita lulus tentunya kita pasti akan sangat bersyukur, berucap alhamdulillah, dan mungkin menangis bahagia. Tapi itu saja tidak cukup, terkadang jika kita lulus kita juga bisa jadi merasa sombong, merasa pintar hingga akhirnya selang beberapa waktu dari pengumuman, kita lupa bahwa kita lulus adalah berkah dari Allah. Usaha yang kita lakukan adalah 50% dan 50% nya lagi adalah campur tangan Allah. Jika Allah menghendaki kita lulus, maka kita akan lulus, akan tetapi, jika Allah masih menangguhkan yang terbaik untuk kita, maka kita akan ditunda dulu kelulusannya.

Lain halnya dengan seorang yang tidak lulus SNMPTN. Ada orang yang tidak lulus dengan menerima dengan ikhlas dan tetap semangat untuk berjuang dan selalu berpikir bahwa mungkin ini adalah skenario Allah yang paling baik, ada juga orang yang tidak lulus kemudian merasa down berlebihan, akhirnya tidak percaya akan apa yang telah menimpa dirinya, jadi bersu’udzon kepada Allah, meninggalkan huznudzon kepada Allah, dan berpikir bahwa semua usahanya sia-sia. Inilah bentuk ujian keimanan yang kedua. Ketika merasa nikmat lulus diuji, tapi ketika merasakan tidak lulus juga diuji. Sesungguhnya Allah ingin melihat bagaimana bentuk keistiqomahan kita ketika terjadi hal seperti ini, saat kita lulus atau tidak. Dan percayalah bahwa sesungguhnya Allah tidak akan membebankan seseorang di luar kemampuannya.

Lulus tidak lulus adalah suatu hal kecil di mata Allah tapi sering sekali kita memaknainya terlalu besar, seperti di ambang hidup dan mati, akhirnya ketika suatu keputusan ditimpakan kepada kita, maka akan sangat luar biasa efeknya bagi kita, atau setidaknya kita terlalu memaknainya begitu.

Saya mengucapkan selamat bagi yang lulus dan tetap semangat bagi yang ‘kurang beruntung’..…

3 komentar: