Jumat, 22 Agustus 2008

TiduR meNenTukAn KecerDasaN Anda


Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang empuk-empuk.

Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Posisi tidur yang benar adalah tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini akan mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung.

Posisi tidur yang membuat bodoh adalah : terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.

Saat tidur yang baik adalah jam 20.00 WIB - 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 - 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya...

Saat tidur yang tidak baik adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 - 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.

Tidur yang baik berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama.

conclusion, let's pray before sleep, may god keep us

6 komentar:

  1. tidur tengkurap atau terlentang yang bisa membuat bodoh itu wis ono pepnelitiane tah...
    soale orang tidur iku gak sadar...
    dadi bah njengking bah mengkurep bah ngelendur.. wong gak sadar yo sak polahe....

    salam
    cakdul.blogdetik.com
    warungkopicakdul.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wes pokok'e sing jenenge turu iku enak.. opo maneh nang spring bed.. opo maneh dikancani bojo sing ayune sak ndunyo...


    pokok'e ojok turu nang ndukure bantalan rel kereto.. wakakakaka

    BalasHapus
  3. Aku takut kalo tidurnya miring otaknya jadi ikut miring...

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Mungkin dari bayi tidurku udah miring ke kanan... tapi cerdas ga ya ;)

    BalasHapus
  5. saya klo tidur suka guling2 ke kanan dan kekiri...
    hehehehehe

    BalasHapus