Sabtu, 23 Januari 2010

Mengerem

Hal penting dalam mengemudi adalah memahami skill mengerem. Kesalahan ketika mengerem bisa membuat ketidaknyamanan penumpang atau bahkan menyebabkan kendaraan anda terbalik yang bisa menyebabkan terjadinya korban jiwa. Sebelum anda belajar untuk tancap gas, anda harus benar-benar ahli mengerem.

Bagaimana cara mengerem yang aman dan benar?

1. Luruskan setir jangan berbelok.
Membelokkan roda atau memutar setir ketika mengijak pedal rem adalah hal yang sangat salah dan sangat berbahaya, kendaraan anda bisa terbanting jika anda lakukan dalam kecepatan sedang dan dilakukan mendadak. jangan pernah lakukan ini. luruskan setir saat anda mengijak pedal rem atau lepaskan rem saat anda berbelok.

2. Menghadapi tikungan
jangan mengerem di tikungan. pijak pedal gas sebelum anda sampai ke tikungan hingga kendaraan pada kecepatan aman untuk menikung. lepaskan rem saat ditikungan dan pijak pedal gas secara perlahan-lahan.

3. Tekan pedal rem secara halus
ketika akan berhenti pijaklah pedal rem dengan cepat tetapi halus, jangan menekannya dengan cepat langsung habis (kecuali dalam keadaan emergency). hal ini bisa bermanfaat agar komponen rem anda tidak cepat rusak selain tentunya kenyamanan penumpang dan keawetan ban.

4. Lakukan latihan
melakukan latihan mengerem ada baiknya dilakukan secara berkala, ini baik untuk skill anda dan untuk mengetahui kemampuan mobil anda. lakukan di tempat yang aman. tentu anda juga harus selalu mengecek perlengkapan rem kendaraan misalnya minyak rem dll.

5. Jangan gunakan rem mesin
terkadang ada orang yang menggunakan mesin sebagai rem yaitu dengan memindahkan ke gear rendah. hal ini memang akan menyebabkan kendaraan menjadi pelan tapi ingat akan terjadi resiko kerusakan pada komponen mesin mobil anda. mesin mobil tidak dirancang sebagai bagian dari alat pengereman.

6. Ban kurang angin, bahaya !
kendaraan dengan ban angin kurang membutuhkan jarak lebih panjang untuk berhenti dibanding dengan kendaraan dengan angin penuh. saat ban kempes, gigitan ban ke aspal akan berkurang sehingga daya mengerem pun menjadi lemah.

7. Focus kemana anda akan menghentikan kendaaraan
saat kita dalam keadaan emergency akan menabrak sesuatu, fokuskan pada tempat untuk menghentikan kendaraan, yaitu disamping objek yang akan tertabrak. hindari berpikir untuk menghindari objek tetapi focus untuk berada disamping objek.

semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaaat



5 komentar:

  1. Jangan mengerem komentar...
    Tetaplah berkomentar, seperti saya ini, yg berkomentar di mengerem...

    BalasHapus
  2. ngerem juga ada tekhnikny ya ... hehe

    BalasHapus
  3. Kalo ngerem nafsu berbelanja, gimana Mas? hehehe..penyakit para wanita..

    BalasHapus
  4. Info yg bermanfaat..
    tp pd point 6, pada "saat ban kempes, gigitan ban ke aspal akan berkurang" sy berpendapat justru sebliknya yah,,

    BalasHapus