Kamis, 17 September 2009

Koffie Tobroek

Kopi tubruk dan rokok syek berat (rokok linting sendiri) judul buku ber jilid tersebut hampir setiap orang punya kenangan manis. Demikian juga dengan orang belanda yang pernah di indonesia sehingga buku kenangan kopi tubruk laris. KOPI TUBRUK atau koffie toebroek mempunyai berbagai versi antara lain kopi bubuk yang dijadikan satu dengan gula terkadang susu kemudian diseduh sebagai mana umumnya kopi di indonesia kini. Versi lain mengatakan kopi tubruk adalah kopi bubuk yang dimasak (digodok) di poci (pootje) dengan air kemudian kemudian disajikan. Dikenal juga turks koffie(kopi turky).

Mengenai asal kopi tubruk juga banyak versi antara lain kopi tubruk berasal dari kata tubruk(beradu,tubrukan) antara gula dan kopi yang dicampur sebelum diseduh atau dimasak versi lain menyebutkan tubruk berasal dari kata "TUBRUQ" yaitu kota pelabuhan di libya dimana kapal banyak belanda singgah. Tetapi yang sudah pasti kata kopi tubruk langsung mengingatkan orang belanda pada indonesia. Dimana ada kenangan manis semanis kopi tubruk lalu kenapa tidak semuanya minum kopi dengan cara tubruk? mengapa belanda minum kopi di filter dengan kertas?

Jawabnya karena kebiasaan, tapi ada juga yang mengatakan menurut penelitian konon kabarnya kopi tubruk itu mengandung terlalu banyak lemak kopi dan kolestrol (kopi bubuk bila disiram air dingin mengambang karena lemak) hingga membahayakan bila diminum terlalu banyak. Tetapi dalam segala makanan dan minuman akan bahaya bila terlalu banyak sebagai mana embah surip yang konon kabarnya meninggal karena air dingin. Selamat berbuka puasa dengan secangkir kopi tubruk

catatan : saya bukan dagang buku atau jualan kopi

24 komentar:

  1. lha kotak komen sing iki malah enak man! kopi tubruk kui ngombe kopi karo nubruk bakule kwkwkwk..

    BalasHapus
  2. Man, buku iku regane piro? Mbok tulung ak golekno

    BalasHapus
  3. saking terkenalnya...
    icon JavaTM pakai gambar secangkir kopi...

    BalasHapus
  4. wah, enak nih..
    ________________________________________________________
    WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIA ASLIII!!! AYOOO GABUNGA!!!

    BalasHapus
  5. aku pengen ngopi delphy karo foxpro 9

    BalasHapus
  6. wah lah kok dadi kearab-araban...

    BalasHapus
  7. Kopi tubruk emang nikmatttttttttttttt.......

    BalasHapus
  8. Pesen siji man hehehe Indocafe coffee mix aja yah

    BalasHapus
  9. @deteksi : iki wes ono versi anyar....

    BalasHapus
  10. @Dony Alfan
    kan aku wes ngomong nek aku gak dagang buku atau jualam kopi jeh...

    BalasHapus
  11. @itempoeti
    sampe' dadi filosofi boso pemrograman

    BalasHapus
  12. @gajah_pesing
    sepurane jeh, kampus ITS kuwi digemboikabeh lawange saiki. serverne yo mati pisan

    BalasHapus
  13. @KenalanYuk.com
    sami-sami... salam kenal balik

    BalasHapus
  14. @suryaden
    Kopi ARAB pancen penak, bedo rasane...

    BalasHapus
  15. @ajengkol
    kalo dibawa ke jakarta pasti dingin di pesawat terbang

    BalasHapus
  16. Hati-hati jangan minum kopi sambil nyetir motor nanti ketubruk truk.

    Dulu banyak orang kecelakaan atau ketubruk ketika berspeda sebab lupa tidak minum kopi.

    BalasHapus
  17. Au pesen kopi yen sing ngedoli ayu,trus ditubruk sekalian bakule,ben dadi kopi tubruk

    BalasHapus
  18. yen nang nggonku sing diarani kopi tubruk iku

    kopi ireng rodok pahit di campur AUTAN anti nyamuk


    edan gak?

    BalasHapus