Kamis, 31 Juli 2008

TuJUh BelAS aGusTus

Saya kok sudah tidak mengerti lagi makna dari 17 Agustus, terkecuali cuma mengerti bahwa hari ini adalah tanggal dimana Bung Karno dan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia mengatas namakan Rakyat Indonesia. Selebihnya ya seperti hari-hari biasa, satu yang pasti adalah “YESS Hari Libur Lagi”

Makna tanggal 17 Agustus buat setiap orang pasti berbeda-beda.

Nah, itulah yang akan saya bahas sekarang :

Untuk anak yang belum sekolah
Anak-anak yang belum mengalami masa sekolah berpikir 17 Agustus adalah perlombaan. Dimana mereka bisa mendapatkan hadiah buku tulis, pensil berwarna biru becampur hitam, penghapus,rautan yang berwarna-warni, dan mungkin ada cash money dari panitia. Masa-masa seperti mereka hanya ada kegembiraan menyambut 17 Agustus. Apalagi ketika menjadi juara 1, rasanya seperti memenangkan Piala Dunia saja.

Anak SD
Upacara bendera yang bosen dan sucks, berdiri selama sekitar 1 jam, dan berpura-pura khidmat di antara barisan sambil sesekali ngobrol. Tidak lupa jeweran pak guru ketika ketahuan ngobrol.

Setelah itu, baru mereka memikirkan perlombaan!

Anak SMP
Lagi-lagi Upacara bendera. Kali ini lebih banyak yang mengikuti dibandingkan saat SD dulu. Tidak jarang banyak yang jatuh pingsan karena terlalu lama berdiri dan dibopong anggota PMR atau PRAMUKA yang justru lebih nyaman untuk jalan-jalan di sekitar area upacara. Dan yang membuat ngiri lagi, saat anggota PMR itu dengan tenangnya ngobrol! Itulah sebabnya aku ga pernah suka dengan kegiatan PMR, (cuma PMR).



Anak SMA
Upacara bendera terus. Tpi setela upacara bendera ada yang dinanti anak muda jaman SMA, ada acara penras seni. Jadi estela upacara bendera langsung main band.

Anak Kuliah
Liburan! Dan itu berarti ada waktu yang sangat panjang untuk menikmati hari-hari bersama pacar. Atau, menjadi panitia 17 agustus yang sibuk mengurusi hadiah, lomba, dan cerewetnya ibu-ibu yang ingin anaknya menang.

Pekerja Negeri
Upacara lagi. Tapi walaupun upacara hampir dua jam (plus gladi resik), tapi ada yang disukai sehabis upacara. Potong tumpeng dan makan-makan satu cantor. Jadi itungannya dapat makan pagi plus makan siang dibungkus.

Pekerja Swasta
Liburan! Santai di rumah, menonton tv dan tidur!

Bagaimana denganku?

Saat terakhir saya merasakan getaran kebanggaan itu ketika melihat Piala Asia kemarin, saya masih bisa merasakan sedikit kebanggaan saya sebagai orang Indonesia. Selebihnya kembali seperti semula.

Tanggal 17 Agustus bagiku memang tidak jauh berbeda dengan hari-hari libur lain. Tidak Nasionalis? mungkin saja. Tapi apa yang bisa kita lakukan? Ikut Upacara? Oh, terima kasih.

Jadi mungkin aku akan menaklukkan dunia maya dengan browsing teruz sambil chating yang tidak ada habisnya

Bagaimana denganmu?

3 komentar:

  1. hmm...saya sebagai siswi sma ga pernah tau kalo ternyata di sekolah lain ada pensi 0_o ternyata ada ya
    tapi kalau pegawai swasta mau ikut upacara dimana ya? (-_-)

    BalasHapus
  2. PenGalamn q di SkoLAhku gItu, tpi Aq lIAt SMA teTanggaKu adA yaNG lanGsunG puLang aTo pOToNg tuMpenG bareNg-BareNG.....

    Klo PegawAi SwaSta UpaCara BenDerA di Depan TeLeviSi JAm SEpuLuh Pagi MemPeriNgati DetIk_DetIk PrOklAMasI daN UpAcarA PenuRunAN BenderA

    BalasHapus