Minggu, 12 Juli 2009

Ngawi, Tapal Batas

Kota Ngawi, kota yang berada di Propininsi Jawa Timur, merupakan sebuah kota perbatasan antara Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Banyak Orang lewat kota tersebut, tetapi hanya lewat belaka tanpa mengetahui lebih dalam mengenai kota NGAWI dan kabupaten NGAWI.Setelah satu hari menjelajah kota NGAWI, mengetahui beberapa cerita unik tentang kota kecil ini.

Beberapa bulan yang lalu sempat digegerkan di NGAWI, yaitu tidak lulusnya 100% siswa SMA 2 NGAWI dalam UJIAN NASIONAL. SMA 2 Ngawi adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten NGAWI, dimana sampai dilaksanakan UJIAN ULANG. Selain itu, disana juga terdapat Pondok Pesantren GONTOR Putri, dimana bila ada yang mau mencari jodoh anak pondok sudi mampir ten mriko.

Disana juga ada temat wisata yang hampir terlupaka oleh masyarakat NGAWI sendiri, yaitu sebuah BENTENG PENDHEM atau pada jaman penjajahan dahulu disebut BENTENG VAN DEN BOSH. Benteng tersebut terletak pada percabangan SUNGAI MADIUN dan SUNGAI BENGAWAN SOLO, yang menurut cerita digunakan sebagai tempat pos pemantauan transportasi barat pada waktu peperangan kemerdekaan dan juga sebagai tempat untuk memata-matai. Benteng ini terdapat di tengah kota NGAWI, tetapi untuk saat ini dan sebelumnya BENTENG ini tidak dapat dikunjungi dikarenakan lokasi benteng tersebut yang berada didalam kompleks ABRI sehingga bisa disebut sebagai daerah yang terlarang untuk dikunjugi bagi warga sipil. Padahal apabila digunakan sebagai obyek wisata, maka akan meyedot animo warga yang sering sliwar-sliwer lewat NGAWI.

From LuXSmaN KumarA


Saya juga bertemu dengan budayawan asli NGAWI yang bernama DIDIK NURHADI atau yang lebih akrab dipanggil DALANG PUR. Selain sebagai budayawan yang menciptakan lagu KUDU MISUH yang menceritakan kehidupan sehari-hari, juga dikenal sebagai pekerja sosial dengan mendirikan sebuah kampung manusia biasa. Sebuah kampung yang hampir semuanya adalah mantan narapidana, yang sudah dihukum didunia nyata kemudian mendayagunakan untuk dapat menciptakan suatu kreasi hingga dapat menciptakan pekerjaan bagi dia sehingga tidak menjadi penjahat lagi.

Cuplikan Video Klip dari DALANG PUR


Saya juga tidak lupa mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN yang pertama kepada teman-teman BPC atau BLOGGER NGAWI. Terima Kasih atas jamuan dan oleh-olehnya....

8 komentar:

  1. Makaseh atas kehadirane mas..
    Ojo kapok dolan ke ngawi yah..???

    BalasHapus
  2. Setahu saya yang nyanyi lagu KUDU MISUH diatas adalah Dhalang Poer" atau Poeryanto
    (lmao)

    BalasHapus
  3. jo kapok ke ngawi loh :-)

    BalasHapus
  4. wah ngawi toh ??? aku belum pernah kesana , lewat pun belum pernah...

    BalasHapus
  5. wah aku ra soh teko wingi...
    josss tenan acarane dalang poer...

    BalasHapus
  6. sip tenan.. gambarku endi kui?? hii gajahe neng ngarep karo melet...

    BalasHapus
  7. jadi pengin ngumpul bareng konco2...

    BalasHapus