Senin, 27 Juli 2009

Mie OngKLok Wonosobo AseLi

Mungkin anda pernah mendengar sejenis masakan mie yang disebut mie ongklok. Makanan ini ternyata khasnya adalah asli Wonosobo dan memang berasal dari sana. Meski Jenis Mie ini tidak setenar Mie Ayam atau mungkin Bakmi namun ada patutnya mencoba menikmati mie ongklok karena jelas rasanya maknyus punya. Sebetulnya ada beberapa penjual mie ongklok yang merambah ke kota-kota lain namun saya betul” menyarankan untuk mencobanya langsung di Wonosobo. Apa pasalnya ??? saya yakin luweh maknyus dan mantep tenan alias T O P karena anda bisa mencicipi langsung dari depo mie ongklok yang paling terkenal di Wonosobo dan sekaligus hawa dingin kota Wonosobo akan membuat masakan apapun terasa lebih nikmat. Nah jadi kapan ke Wonosobo ????

Mie ongklok dimasak dari ramuan bahan terpilih halah seperti mie mentah, kubis, kucai yang kemudian dimasukan dalam saringan kemudian dikocok - atau diongklok dalam Bahasa Jawa - di dalam kuali berisi air panas yang sudah dibumbui. ketika mie sudah masak kemudian ditambahkan ebi dan kuah kental khas dari bahan tepung kanji. Nah ketemu kan kenapa namanya mie ongklok, yang bikin nikmat lagi mie ongklok disajikan dengan sepiring sate ayam plus bumbu kacang.

Kebayang kan rasanya "dingin" sambil menikmati mie ongklok apalagi selain nyaman diperut bakalan nyaman dikantong karena harganya cukup murah (walaupun tidak bayar). Jadi kalo anda kebetulan lewat atau sengaja main ke Wonosobo pastikan anda mampir mencoba mie ongklok. Dan satu lagi, jangan lupa pastikan anda mencoba juga tempe kemul dan teh anget di Wonosobo. Namun hal yang satu ini kurang saya sarankan, karena beli satu mie ongklok belum kenyang, jadinya harus TANDUK



22 komentar:

  1. imbuh maning... imbuh maniiiing...
    hajaaaaarrr bleeehhhh... :D

    BalasHapus
  2. tapi, sama seperti yg lain..gak semua tempat mi ongklok menyajikan cita-rasa maknyossh seperti gambar diatas. Baru 2 tempat fave buat jajan mi ongklok di wonosobo..termasuk tempat di gambar tersebut diatas.

    BalasHapus
  3. wah...sampeyan tanduk gak ngajak2 to kang...he he e...sayange porsine ura jumbo ya...

    BalasHapus
  4. Saya pernah dibuatkan mie ongklok oleh orang wonosobo yang tinggal di Jogja, rasanya kok belum cocok, seperti maan jenang pathi
    mungkin kalau makannya di wonosobo lebih nikmat
    kalau wonosobo yaa carika yang saya suka

    BalasHapus
  5. mie ongklok = mie kocok ya?
    tapi kok rasanya foto itu keliatan nikmat banget. bisa kasih tau tempat lain yang menyediakan makanan itu nggak (selain di wonosobo)

    BalasHapus
  6. sayange sak porsine sitik tok....dadi kudu nanduk dab!

    BalasHapus
  7. apalagi dengan tempe mendoan dan satenya nyam nyam combo, luweh apik maneh nek kabeh di dobel, dadine maknyus dobel..

    nyam

    BalasHapus
  8. bungkus oleh ga iku...

    BalasHapus
  9. nggon fotone uenak sajak e... ngiler ndelok ke....

    BalasHapus
  10. Wakakakaka, aku yo tanduk :P

    BalasHapus
  11. waduhhhh pagi2 ngeliat yg ginian jadi laper neehhhhh (hungry)

    BalasHapus
  12. nyammm...nyammm mantappph!
    gag sabar pengen segera jum;at..
    ke wonosobo.. kemudian berburu mie ongklok!
    mak nyuuuuzzzz

    BalasHapus
  13. Sing pasti nek mung siji ora warek

    BalasHapus
  14. pancen wuenak.....mak nyoooooooooooooooooooooossss pisan...

    BalasHapus
  15. aku seneng tempe kemule, timbang emi ne :D

    BalasHapus
  16. enak e pancen nek dimaem pas mendung berkabut, jan ra iso dibayangke tenan ....

    BalasHapus
  17. wah......ku pernah nyobain sekali waktu kecil......sekarang dah gede jadi kepengen makan mie ongklok.......

    BalasHapus
  18. Mie onklok yang enak tu ada di daerah Longkrang (deket RS adina / wisma KAI) atawa di pak Muhadi di Jalan A.Yani(deket RM Wonoboga). He...he..promosi

    BalasHapus
  19. dijogja ada lo boss...kalo ada yg mau mie ongklok di jogja ndak perlu jauh2 pulang wnsb...

    BalasHapus