Jumat, 13 November 2009

Kenapa Ada Sebutan Pahlawan???

Mereka tidak menginginkan panggilan itu. Mereka tidak perlu penyematan kata itu dalam dirinya. Mereka juga tidak menginginkan apa-apa. Dan saya yakin yang mereka inginkan hanya sebuah perubahan yang tak kunjung terjadi padahal selama ini selalu diimpikannya.

Ya mereka yang kita sebut sebagai pahlawan sesungguhnya tidak terlalu istimewa ketika kita juga mau berbuat dan mampu berbuat hal yang sama dengan mereka. Namun diantara kita terkadang hanya lebih suka melihat sesuatu yang kita anggap wah karena memang hal yang "biasa" tersebut tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Sudah barang tentu, mereka yang kita sebut sebagai pehlawan dan sampai kita memanggil begitu. Karena mereka tidak terlalu senang berada dalam kondisi yang nyaman. Mereka akan terus bergerak tanpa harus menunggu orang lain yang untuk berpikir kearah yang sama saja sangat lambat. Parahnya lagi enggan untuk berbuat demikian. Namun beda dengan mereka yang kita sebut sebagai pahlawan. Mereka akan selalu mencari dan berpikir sebelum orang lain memikirkannya. Inilah yang membuatnya istimewa.

Pahlawan
seperti mereka tidak selalu menunggu adanya perintah untuk berpikir dan bergerak. Namun dengan inisiatif yang tinggi mereka mau bergerak disaat yang lain diam. Pun ketika ada amanah yang disematkan kepadanya, mereka akan selalu siap kepada perintah dan percaya bahwa perintah itu untuk tujuan kebaikan bersama. Bukan meminta keringanan dan kelonggaran tanggungjawab dan menentang perintah ketika dirasa perintah itu berat dirasakannya.

Jadi jangan salahkan mereka bersikap sebagai seorang pahlawan. Tapi salahkan diri kita yang memanggil mereka dengan panggilan tersebut. Dan salahkanlah diri kita yang masih mau menyematkan kata "pahlawan" kepada mereka. Padahal kalau memang kita mau, kita pasti mampu berbuat seperti mereka. Salahkan diri kita yang malas untuk berpikir dan bertindak sehingga kesempatan itu diambil oleh orang yang kita panggil sebagai pahlawan.

7 komentar:

  1. Pahlawan adalah orang yang banyak mendapat pahala dari usaha dan kerja nyatanya...

    BalasHapus
  2. Salahkan diri kita yang malas untuk berpikir dan bertindak sehingga kesempatan itu diambil oleh orang yang kita panggil sebagai pahlawan.

    kalimat terakhir yang aku sukai, ada beberapa orang yang cenderung saling menyalahkan

    BalasHapus
  3. pahlawan mereka sungguh luar biasa

    BalasHapus
  4. yang penting jangan sok pahlawan...
    mari kita menghargai pahlawan kita!!!...

    BalasHapus
  5. biar dihargai man..digugu lan ditiru :D

    BalasHapus
  6. pahlawan adalah sosok manusia yg heroik

    BalasHapus