Kamis, 11 Februari 2010

Makanan Sehat

Mari sejenak kita perhatikan apa sehari-hari kita makan, nasi/roti/kentang, sayur, daging/ayam, buah dan susu. Apakah semuanya sehat atau hanya junkfood yang menjadi agen masuk dan berkembangnya penyakit? dalam postingan review film "food matters" telah sedikit diulas bahwa penyakit manusia yang tinggi secara intensitas pada saat ini adalah terkait dosa-dosa food industry.

Mari kita pelajari secara menyeluruh namun singkat tentang usaha manusia memenuhi makanannya.

Jaman Pra-Pertanian
manusia mengumpulkan makanan yang tersedia di alam, tidak ada campur tangan manusia dalam proses terciptanya bahan makanan. semua makanan manusia pada saat itu adalah ALAMI dan sehat

Jaman Pertanian Keluarga
Pada saat ini manusia sudah punya ilmu bertani dan beternak. Semua sumberdaya untuk memajukan usaha pertaniannya berasal dari alam. Semua makanan manusia pada saat ini adalah ALAMI dan sehat

Jaman Mekanisasi Pertanian
seiring meningkatnya permintaan pasar, petani dituntut untuk meningkatkan produksinya. saat itu cara yang digunakan adalah meluaskan lahan pertanian. alat-alat pertanian diciptakan untuk membantu petani. beberapa jenis alat pertanian menggunakan mesin yang menyebabkan kerusakan tanah baik secara fisik maupun kimia. Penggunaan mekanisasi yang benar berpotensi besar untuk menciptakan makanan sehat dan alami.

Jaman Pestisida Pertanian
penggunaan pupuk dan racun anti hama, penyakit dan gulma telah menyebabkan pencemaran lingkungan yang sangat signifikan. lebih penting residu pestisida tetap berada di produk pertanian yang kita makan. apa yang kita makan saat ini adalah bahan makanan berlapis racun.

Jaman Hormonisasi Pertanian
Hormon banyak digunakan di bidang peternakan, seperti hormon untuk mempercepat pertumbuhan ayam dan hormon untuk menstimulir sapi agar tetap menghasilkan susu. ayam dan susu adalah contoh makanan yang bisa menyebabkan kanker karena hormon yang digunakan.

Jaman Gen-Modifikasi Pertanian (GMO)
adalah tingkat tercanggih pertanian dewasa ini namun juga punya potensi merusak lingkungan dan kesehatan yang paling berbahaya. tiap makanan yang dihasilkan dari produksi pertanian ini mengandung gen-gen asing yang disusupkan. gen-gen asing ini ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dengan kemampuan membunuh makhluk lain, contohnya pada tanaman Bt.

Apa yang sebenarnya kita makan?

kembali ke pertanyaan awal, mari kita cek apa yang sebenarnya kita makan.
  1. Nasi. Nasi yang kita makan adalah nasi putih. ia berwarna putih karena kulit ari padi yang banyak mengandung vitamin sudah digosok habis. nasi yang asli sebenarnya berwarna kecoklatan.
  2. Sayur dan buah; yang kita makan selain manfaat gizi dan vitaminnya, juga residu pestisida yang sangat berbahaya bagi kesehatan. mencuci atau memasak tidak membuatnya residu ini hilang.
  3. daging/ayam/ikan: industri ayam di dalam negeri sudah menggunakan hormonisasi. daging insyaAllah masih hasil produksi tradisional yang aman untuk dikonsumsi (kecuali sapi yang diternakkan di tempat sampah, saya tidak bisa mengatakan dagingnya sehat). ikan juga insyaAllah masih sehat. tentu bila semuanya tidak terkontimasi borax.
  4. Susu; sebagian besar susu di dalam negeri adalah import, dan produksi susu di Luar negeri seperti apa yang saya tulis diatas yaitu menggunakan hormon.
APA SOLUSI YANG MASUK AKAL?

Para ahli pertanian berusaha menjawab kegagalan sistem pertanian untuk menghasilkan makanan sehat dengan memperkenalkan beberapa sistem pertanian yang bersifat "back to nature". sistem pertanian tersebut antaranya: pertanian organik dan pertanian dinamik. Pertanian dinamik adalah sistem pertanian terbaik namun hanya bisa dikembangkan di jerman.

Baik pertanian organik maupun pertanian dinamik mengharamkan penggunaan pestisida, hormon dan gen-modifikasi dalam pertaniannya. produk yang dihasilkan adalah sehat baik dari segi kesehatan maupun lingkungan. satu-satunya kelemahan sistem ini adalah karena 'harga' yang lebih mahal. namun bagi orang yang mau berhitung panjang, maka sebenarnya produk organik lebih murah karena ongkos ke dokter atau ke rumah sakit bisa di cut se minimal mungkin.

solusi untuk menghindari harga produk organik yang kurang terjangkau adalah dengan menanam sendiri sayur yang memungkinkan untuk ditanam di pekarangan atau didalam ruangan/rumah.



1 komentar:

  1. Semakin susyah mencari makanan yang berbahan dasar masih murni,makanya banyak orang jaman sekarang yang terkena kanker,dll

    BalasHapus