Kamis, 04 Maret 2010

High-Tech Minded


Pintu masuk Mega Bazaar Computer 2010 Gramedia Expo

Pameran Mega Bazaar Computer 2010 di Gramedia Expo yang berlangsung sejak 4 Maret dan digelar hingga 7 Maret ramai dikunjungi pencinta teknologi komunikasi di tanah kota Surabaya. Ratusan gerai dibuka dan digelar mulai dari komputer, printer, kamera, laptop, netbook sampai peralatan pendukung komputer. Selain itu juga terdapat gerai pendukung acara seperti MyDiskon.com portal promosi online pertama Indonesia yang menyediakan pusat informasi terkini tentang beragam promosi online, diskon terkini, dan download kupon online bagi masyarakat luas Indonesia.

Saya sebenarnya tidak sengaja datang ke pameran ini, saya sedang cekak duit karena habis untuk biaya administrasi wisuda tanggal 13 Maret besok. Tapi karena salah satu minat saya adalah hi-tech maka menyempatkan mampir dengan bermodalkan nekad.


Loket tiket masuk, cukup bayar 3ribu rupiah

Pameran seperti ini memang sangat efektif memperkenalkan produk baru. Karena itu tak heran jika produsen teknologi komunikasi menjadikan pameran ini ajang promosi. Di dalam areal Gramedia Expo terdapat puluhan gerai komputer, printer dan kamera dikunjungi ribuan orang.


Suasana transaksi Mega Bazaar Computer 2010

Entah apakah orang Indonesia sudah 'high-tech minded' atau baru mulai, Tapi faktanya, memang banyak sekali pengunjung pameran Mega Bazaar Computer yang diorganisir oleh PT Dyandra. Kebutuhan akan komputer semakin tinggi. Makin banyak orang Indonesia melek internet.


Stand pendukung acara Mega Bazaar Computer 2010 Gramedia Expo
Dyandra Community dan MyDiskon.com

Jika penduduk Singapura hampir 100 persen memiliki komputer di rumah, Malaysia 95 persen, maka Indonesia mungkin baru sekitar 25-30 persen yang melek internet. Tapi jika dihitung dari jumlah penduduk 220 juta, angka ini relatif besar, malah lebih banyak dari seluruh penduduk Singapura dan mendekati jumlah penduduk Malaysia. Artinya, pangsa pasar Indonesia masih sangat besar.

Aneka merek komputer dari branded sampai rakitan, dengan berbagai peralatan pendukungnya dijual dengan harga promosi selama pameran. Dari Multimedia Card Memory, Compact Flash Memory, Secure Digital Memory sampai lelang USB Flash Drive 2-GB dengan harga awal 10 ribu rupiah. Netbook dan laptop pun kini sudah dijual dengan harga bersaing.


Suasana pelelangan USB Flash Drive 2-GB

Singkat kata, hujan diskon dan banjir bonus. Canon, Olympus, HP, Acer, Lenovo, Ion dan banyak lagi. Hi-Tech Mall betul-betul pindah ke Gramedia Expo selama pameran ini. Yang dicari tentunya peralatan teknologi dan komunikasi. Fakta membeludaknya pengunjung dalam pameran ini sekali lagi membuktikan orang Indonesia makin 'high-tech minded'. Ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari makin maraknya tempat publik seperti kafe dan perkantoran yang memasang fasilitas hotspot, wi-fi. Tentunya atas permintaan pasar. Pengguna PDA, notebook, laptop, ponsel multimedia jumlahnya makin banyak.

Saya jadi ingat nasib anak-anak Indonesia yang ada di pelosok nusantara, yang belum terjangkau teknologi komunikasi. Bagaimana jika Depdiknas segera merealisasikan program belajar jarak jauh, memanfaatkan teknologi komunikasi? Agar anak-anak pulau nun jauh di sana, tetap dapat mengikuti perkembangan apa pun yang terjadi di bumi ini. Agar tidak terjadi kesenjangan teknologi antara masyarakat kota dan pedesaan. Agar suatu hari kelak Indonesia akan dikenal sebagai masyarakat yang 'high-tech minded', melek internet.


"SUMO"
Maskot
Mega Bazaar Computer 2010 Gramedia Expo

*semua foto dipotret dengan kamera HP SE K-610i
dan koleksi foto dapat dilihat disitu

3 komentar:

  1. nice post gan....
    sayang blum sempat ke sana :D

    BalasHapus
  2. muantebb mas.. maskotnya mirip dirimu kwkw

    BalasHapus
  3. saya belom sempet kesana..syaang skali..

    BalasHapus