Kamis, 11 Maret 2010

Indonesia Earth Hour 2010



Kampanye global untuk menekan pemanasan global akan dilakukan dalam bentuk gerakan mematikan lampu sejagat. Tahun ini, kampanye yang diberi nama Earth Hour 2010 ini akan dilakukan serentak Sabtu, 27 Maret 2010.

Earth Hour adalah sebuah acara internasional tahunan yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature/World Wildlife Fund), diselenggarakan setiap Sabtu terakhir bulan Maret, yang meminta rumah dan perkantoran untuk mematikan lampu yang tidak diperlukan dan peralatan listrik selama satu jam untuk memunculkan kesadaran atas butuhnya tindakan menghadapi perubahan iklim. Dirintis oleh WWF Australia dan Sydney Morning Herald tahun 2007, dan memperoleh partisipasi dunia tahun 2008.

Seluruh penduduk dunia diimbau untuk mematikan lampu di rumah. Tidak perlu sehari tapi cukup satu jam saja dari pukul 20.30 hgga 21.30. Pastikan semua alat elektronik yg tidak terpakai dlm kondisi power off bukan stand by.

Kota Jakarta dan kota lain di Indonesia pada tanggal 27 Maret akan berpartisipasi dalam Earth Hour ini, mari kita dukung gerakan ini sebagai gerakan untuk penyelamatan bumi, agar anak cucu kita nanti dapat menikmati keindahan bumi! (Saya belum tahu kalau Kota Surabaya, mendukung atau tidak)

WWF Indonesia memperkirakan, jika seluruh penduduk Jakarta mematikan lampu satu jam, cukup untuk mengistirahatkan kebutuhan listrik sebesar 300 MW. Ini juga akan mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta dan mengurangi emisi karbon dioksida sekitar 284 ton.

Matikan Semua Peralatan Listrik pada tanggal 27 Maret 2010 Jam 20.30 - 21.30! Dengan mematikan peralatan listrik!

Apakah Anda akan melewatkan kesempatan ini saat semua orang bahu-membahu memberikan perhatian sejam kepada Bumi. Lagipula, menyelamatkan Bumi juga bisa dilakukan dengan langkah kecil seperti ini. Kalau kita bisa kenapa tidak ?

Mungkin bagi masyarakat Bali hal ini sudah dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2010 (Hari Raya Nyepi). :)

Beritahukan kepada rekan, teman, kerabat, keluarga, teman, sahabat, musuh, dan siapapun orang yang anda kenal untuk sama-sama berpartisipasi dalam kampanye ini.
Mari bersama-sama selamatkan bumi …

Kalau bukan sekarang, kapan lagi,,??
Kalau bukan kita siapa lagi,,??
Mulailah dari hal terkecil..
Mulailah dari diri sendiri,,
Mulailah dari sekarang juga,,


6 komentar:

  1. beli lilin dulu, siap2 buat matiin lampu gan...

    BalasHapus
  2. Siap siap... kapan lagi kalau ga sekarang.
    *ayooo ndaftaaaaaaaaarrr...*

    BalasHapus
  3. Mungkin tulisan ini bisa dishare ke http://ehindonesia.dagdigdug.com/2010/03/21/lomba-blog-earth-hour/ :) 20 orang pertama dapet merchandise menarik lho.. :D

    BalasHapus
  4. saya juga akan ikut merayakan earth song 2010.:D
    akan gelap nantinya, tp yg penting kelangsungan bumi

    BalasHapus