Minggu, 11 September 2011

Usiaku 25 Tahun

Hari ini 11 September 2011 pukul 06:45 WIB, saya genap berusia 25 tahun. Hampir di setiap hari lahir saya merasa tidak enak hati, sebenarnya lebih karena perasaan bersalah, karena di hari lahir saya beberapa teman ada yang memberi ucapan selamat, kirim sms, berdoa, padahal hampir semua dari mereka saya tidak pernah ingat ultahnya. Anehnya tiap tahun selalu ada yang baru atau berganti, seperti tahun ini.

Berdasarkan perasaan bersalah tersebut, pernah suatu hari saya buka buku kenangan waktu SMA dulu dan mencari tahu tanggal lahir teman-teman saya dengan maksud agar jika suatu hari mereka berulang tahun saya ingat untuk memberi ucapan selamat seperti yang telah mereka lakukan. Tapi sayangnya buka buku kenangannya cuma sekali-kalinya dalam setahun jadi tetap saja banyak sekali hari lahir yang terlewat.

Pada ulang tahun ke 25 ini saya merasa ada satu perasaan yang berbeda. Tidak tahu sebabnya apa, yang jelas saya merasa usia 25 tahun adalah usia yang benar-benar ’lebih serius’. Usia dimana saya merasa tidak bisa 'main-main' lagi.

Ada yang bilang, life begins at 25. Rumors ini tentu saja makin mempengaruhi kejiwaan seseorang yang memasuki usia 25 tahun. Alih-alih merayakan euforia hari ulang tahun, saya malah larut dalam renungan tak bertepi. Kilas balik tentang kehidupan saya selama 25 tahun ini. Apa yang sudah saya lakukan? Apa yang sudah saya capai? Sudahkan saya menjadi dewasa dalam arti yang sesunguhnya? Kira-kira saya hidup berapa tahun lagi ya berdasarkan rata-rata usia hidup orang Indonesia? Kapan bisa kaya raya dan pensiun muda ya? Bagaimana kehidupan rohani saya? Sudahkah jadi anak yang baik? dan seterusnya. Berbagai macam pertanyaan seolah muncul silih berganti di kepala. Jawabannya masih ada di awang-awang.

Hmm..... baiklah, berikut ini adalah daftar yang harus saya lakukan di usia yang sudah semakin menanjak (semoga terkabulkan satu demi satu) :

  1. Membuka lowongan pekerjaan atau kalau belum bisa ya jadi kuli pemerintah dulu (AAMIIN.....).

  2. Menikah, bila tahun lalu mencari "tulang rusuk" yang hilang, alhamdulillah saya sudah dipertemukan dengan "tulang rusuk" tersebut di tahun ini (AAMIIN.....).

  3. Membangun rumah. Yap.... sudah saatnya saya memulai untuk membangun rumah atau jika belum mampu ngontrak dulu boleh (AAMIIN.....).

  4. Menabung (AAMIIN.....).

  5. Haji (AAMIIN....)

  6. Terus belajar (AAMIN.....).

  7. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT (AAMIIN.....).

  8. Bisa mengatur waktu (AAMIIN.....).


Mudah-mudahanan semakin bertambahnya umur saya, semakin bertambah pula nilai-nilai kebaikan dalam diri saya dan semakin bijaksana saya dalam menilai segala hal... Aamiin...

Selamat ulang tahun untuk diri saya dan juga buat orang-orang yang berulang tahun di hari yang sama!!!


Tidak lupa juga saya mengucapkan

Minal 'Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin. Selamat Idul Fitri 1432 H. Taqobbalallahu minna waminkum, washiyamana washiyamakum, taqobbal ya kariim.

4 komentar:

  1. aamiin atas doa dan cita-citanya,moga2 Allah meridhai dan mengabulkan...selamat menempuh usia baru ya masne...aamiin atas doa dan cita-citanya,moga2 Allah meridhai dan mengabulkan...selamat menempuh usia baru ya masne...

    BalasHapus
  2. selamat ulang tahun
    semuga harapan-mu terkabul, amin!

    BalasHapus
  3. SELAMAT ULANG TAHUN, Semoga Harapanmu tercapai, komentar juga ya di blog saya www.indojobfair.com

    BalasHapus