Minggu, 31 Mei 2009

HUT Surabaya ke-716

Suroboyo mari ngrayakno bancakane sing ke-716, wih cek tuweke yo...umurane iki dirayakno ambek rupo-rupo acara. Koyok nganakno BIG SALE, dhik endhi meh kabeh toko-toko gedhe podho ngeke'i potongan rego pas mei molai 25% nganthek70%. Terus dianakno barang rupo-rupo lomba sing nglibatno akeh warga, koyok acarae ngulek bareng rujak cingur nang Kembang Jepun sing digae mbancaki umure kota iki sing tambah suwi tambah tuwek.

Pemerintah Kota Surabaya juga punya banyak cara untuk memperingati Ulang Tahun ini. Pada awal bulan diadakan penggusuran besar-besaran di sepanjang bantaran kali Jagir. Serangan Senin (4/5), fajar terhadap 350 keluarga dilakukan Pemkot Surabaya, dengan mengerahkan 1.900 personel polisi dan ratusan satpol PP (tentara gak jelas/polisi samar-samar). Belum lagi empat unit backhoe yang tanpa ampun mengayunkan tangan besinya menyambar setiap atap bangunan pinggir kali tanpa ampun.

Tak berselang lama, Pemkot Surabaya kembali menjadi sorotan. Kali ini penertiban PKL di Jalan Boulevard Pemuda (depan WTC). Penertiban pada tanggal 11 Mei ini disesalkan karena sikap satpol dinilai terlalu arogan dan tak manusiawi.

Sebab saat penertiban berlangsung, Siti Horiyah mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit. Bocah kecil ini terjatuh bersama rombong orangtuanya saat dikejar satpol. Naas, kuah panas menyiram tubuhnya dan kemudian rombongnya terbakar. Dan akhirnya Siti Horiyah menhembuskan nafas terakhirnya setelah dua minggu dirawat secara intensif di RSUD Dr. Sutomo Surabaya.

Meskipun dengan keruwetan dan masalah yang terjadi di Kota Surabaya, saya masih bangga. Bangga menjadi warga Surabaya. Terakhir dari kalimat ini, "Semoga Surabaya masih tetap bisa dibanggakan, dan semoga Surabaya berumur panjang."

Selamat Ulang Tahun Surabayaku

NB : yang asal jawa tengah atau Jawa timur kalau mau komen harus pakai bahasa JAwa, yang non-Jawa pakailah bahasa Indonesia...heheheeh

karikatur diambil dari devianart

7 komentar:

  1. Tambah Dmassive ae Suroboy saiki.. :p

    BalasHapus
  2. yo umure pancen pitung atus tahun ananging leh nggawe peraturan koyo bocah umur 3 tahun ae, banting, rusak, uncal kono kene...

    BalasHapus
  3. tambah tuwek kok ora tambah elek yo?

    BalasHapus
  4. met ultah kota surabaya...

    BalasHapus
  5. masio wis tuwexxx, bener kandane suryaden kuwi, jik koyok balita 3 tahun wae cara ngatasi masalah c*k...

    BalasHapus
  6. maaf saya tidak mudeng bahasa jawa.. selamat ulang tahun Surabaya

    BalasHapus