Jumat, 04 September 2009

Multiply, Riwayatmu kini.....

Anda semua pasti tahu Multiply (MP). Kekuatan MP sebenarnya terletak pada fitur sharingnya berupa Artikel, Informasi, Tulisan Pribadi, Gambar, links, music dan videonya. Dengan fitur-fitur awal ini seseorang yang bergabung di MP akan dengan sendirinya terpancing untuk melahirkan suatu "karya" untuk dapat berbagi dengan yang lain..

Bagi yang punya account baru, melihat MP orang lain akan menjadi inspirasi untuk membuat hal yang baru yang dapat disharing dengan dengan yang lain.

Ini salah satu kelebihan MP yang mengajak kita untuk menjadi orang yang berkaya dan kreatif. Kelebihan MP pada bidang ini mengakibatkan pengguna MP yang senang melahirkan suatu karya, Ide atau Tulisan jadi betah di MP walau banyak jaringan sosial baru yang tumbuh.

Untuk hal ini MP bisa dikatakan mirip dengan blogspot atau wordpress.

Inilah yang membedakan MP dengan Facebook atau dengan yang lainnya yang mengutamakan "network" untuk penggunanya. Dengan mengutamakan network atau koneksi yang seluas-luasnya maka maka fitur-fitur untuk itupun mereka tambah.

Facebook menjadi pelopor jaringan sosial yang berbasis network yang menambahkan fasilitas chating dan pesan2 singkat (quick note) dalam system mereka. Penempatan tool yang tepat dengan tujuan yang tepat mengakibatkan Facebook meraih sukses yang luar biasa.

Hal itu kelihatannya menginspirasi jaringan sosial lain seperti Multiply. Kini fasilitas Quick Note, Chatting rekomendasi teman telah pula ditambahkan.

Fasilitas baru tersebut pasti sangat berguna bagi user untuk menambah kemudahan dalam berinteraksi.

Namun sepertinya kini kita dihadapkan pada persoalan baru : Kedepannya akan seperti apa MP kita ini. Apakah tetap menitik beratkan pada "sharing materi" ataukan berubah sekedar jadi "network hunter".

Sebetulnya kita bisa membuat tool-tool baru itu untuk lebih menunjang sharing kita. Fitur tersebut kita gunakan dengan baik untuk memudahkan pertukaran informasi antar sesama contact.

Sepertinya sayang sekali kalau fasilitas MP yang bisa bikin kita kreatif dan inovativ ditinggalkan begitu saja dengan hanya menjadikannya ajang chatting. Semua fitur-fitur yang bagus tersebut terasa mubajir jadinya.

Namun keperluan orang tentu tidak sama. Bagi orang yang mengutamakan network dan telah terlanjur di MP kini kesempatan mereka pula untuk menjaring network dengan MP.
Hal inilah sepertinya yang di lirik MP. MP ingin meraih pengguna yang berbasis sharing materi dan network hunter.

7 komentar:

  1. sebentar lagi fesbuk akan mengalami nasib yang sama...

    BalasHapus
  2. aku dulu punya mp tapi nggak pernah di urusin.
    cuman gonta ganti theme doang..!

    BalasHapus
  3. multiply kenangan tak terlupakan

    BalasHapus
  4. punya multiply juga om ??

    chandra

    BalasHapus
  5. ketoke aku yo duwe akun multiply, tapi ra pernah dirawat

    BalasHapus
  6. huah,,, ketemu MPers disinih... mana M keduluan posting soal itu lagi.. tapi tetep MP tak ada duanya deh.. my home sweet home

    BalasHapus
  7. multiplyku:
    http://gajahpesing1.multiply.com

    BalasHapus