Selasa, 08 September 2009

Pasang Comment Reply Blogspot

Secara default Blogger comment system sedikit kaku dan hampa, apalagi yang masih menggunakan template klassik. Apabila Anda tertarik untuk mengubahnya, ada beberapa website yang menyediakan jasa Comment system. Caranya instalasinyapun cukup mudah, karena Anda tidak harus berurusan dengan code xml pada template blogger. Cukup dengan mendownload template yang Anda gunakan lalu upload ke salah satu web di bawah ini, kemudian secara otomatis script comment system telah terpasang. Langkah terakhir, copy paste kembali di tab layout >> edit/html. Jangan lupa untuk mencentang Expand Widget Template.

1. JS-Kit.
Automated installation for WordPress, Blogger, Tumblr, MovableType, TypePad.
Fitur: Akismet spam control, e-mail notification, skins and multiple display modes, comment pagination, rich text editor, YouTube embedded videos in comments, Gravatar support and comment sync with Wordpress and Blogger etc. Learn more....

2. Intensedebate.
Automated installation for WordPress, Blogger, TypePad, and Tumblr.
Fitur: comment threating and pagination like in the new Wordpress 2.7, full Gravatar support, reply-by-email, open-id support, import-export, commenter profiles etc. Learn more...

3. Disqus
Automated installation for WordPress, Blogger, Tumblr, MovableType, TypePad.
Fitur: threading and pagination, commenter profile, Gravatar support. Yang lebih utama lagi, Disqus mengadaptasikan layoutnya berdasarkan template yang kita gunakan, atau Anda dapat mengedit sendiri.

Kalo ada yang nanya kenapa saya menggunakan Disqus?, berdasarkan kata orang dan penerawangan saya kurang memuaskan dengan comment system selain di Disqus. Ada yang merusak layout, ada yang loadingnya lama, ada yang tidak support di browser lain, dll. Anyway, salah satu blog besar yaitu Mashable juga make Disqus ...

Berikut adalah tutorial sederhana pemasangan aplikasi Disqus....

1. Register dulu di DisQus, Gratis kok...


2. Lengkapilah isilah Formulir yang telah disediakan, kalo sudah jangan lupa tekan Continue

3. Isi Formulir halaman 2, pilih bahasa yang digunakan dan pilih aplikasi yang nantinya bisa menyambung dengan ID facebook, twitter, etc. Kalau saya pilih yang Open ID saja. Kalau sudah tekan Continue.

4. Saatnya memilih dimana comment reply tersebut akan digunakan, bisa di Blogspot, WordPress, Jomla, etc. Berhubung saya pengguna setia blogspot kita klik Blogspot.

5. Untuk meng-install aplikasi ini, Anda harus downlod dulu Template Anda. Bisa didownload di Edit HTML----> Download Full Template. Setelah didownload upload lagi ke DisQus. disana terdapat dua pilihan. yang pertama aplikasi DisQus digunakan untuk future blog entry dan all entries. Jika anda memilih all-entries maka semua comment anda bisa hilang karena baru meng-install aplikasi ini. Maka saya pilih pilihan Pertama. Lalu jangan lupa klik upload n continue.

6. Setelah itu Copy semua bahasa HTML yang baru dari DisQus dan paste di edit html blogger, jangan lupa mencentang Expand Widget Templates. Lalu Save template baru kita. Selanjutnya klik setting------>comments di blogspot dan ubah Comments Default for Posts menjadi New Post Do Not Have Comments.

Proses Instalasi telah suskses. Coba anda buat New-Post dan nanti pasti akan keluat seperti dibawah ini. Salah satu kelebihan DisQus adalah sudah terinkoneksi dengan avatar kita di gravatar..


"SELAMAT MECOBI"