Selasa, 22 September 2009

Emas Hitam INDONESIA

Dahulu, di zaman Orde Baru, saya pernah membaca bahwa setiap kali ada berita tentang turunnya harga minyak di pasaran dunia, Pemerintah Indonesia sudah berkeluh kesah. Pada waktu itu cadangan terbukti Indonesia tercatat 12 miliar barrel.

Kini, pada masa Reformasi ini, lebih khusus lagi selama kekuasaan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla, pemerintah juga berteriak, berkeluh kesah, dan panik apabila harga minyak meningkat di pasaran dunia.

Harga minyak turun berteriak, harga minyak naik lebih berteriak lagi dan panik. Jadi, apa gunanya kita punya minyak, sedangkan Indonesia sejak awal sudah menjadi anggota OPEC? Alangkah tidak masuk akalnya keadaan ini? Sangat kontroversial. Minyak itu tak lain adalah kutukan.

Cadangan tak tersentuh

Hingga kini Indonesia secara resmi disebut masih mempunyai cadangan minyak sebesar 9 miliar barrel. Memang betul, jika dibandingkan dengan cadangan minyak negara-negara Timur Tengah, 9 miliar barrel itu tidak ada artinya. Namun, jelas-jelas Indonesia masih punya minyak. Selain cadangan lama, cadangan blok Cepu belum juga dapat dimanfaatkan. Belum lagi cadangan minyak yang luar biasa besar di lepas pantai barat Aceh.

Perlu diketahui bahwa pada pertengahan tahun 1970-an Indonesia memproduksi 1,5 juta barrel per hari. Yang sangat mencolok dalam industri minyak Indonesia adalah tidak ada kemajuan dalam pengembangan teknologi perminyakan Indonesia sama sekali.

Norwegia pada awal-awal tahun 1980-an mempunyai cadangan minyak yang hampir sama dengan Indonesia. Perbedaannya adalah mereka tidak punya sejarah pengembangan industri minyak seperti Indonesia yang sudah mengembangkan industri perminyakan sejak zaman Hindia Belanda, jadi jauh sebelum Perang Dunia ke-2. Lagi pula semua ladang minyak Norwegia terdapat di lepas pantai di Laut Atlantik Utara. Lingkungannya sangat ganas; angin kencang, arus sangat deras, suhu sangat rendah dan ombak selalu tinggi.

Teknologi lepas pantai, khusus mengenai perminyakan, mereka ambil alih dari Amerika Serikat hanya dalam waktu 10 tahun. Sesudah 10 tahun tidak ada lagi ahli-ahli Amerika yang bekerja di Norwegia.

Di sanalah, dan di anjungan- anjungan lain, mereka tidak membutuhkan teknologi dari Amerika lagi. Mereka sudah dapat mandiri dan dalam beberapa hal sudah dapat mengembangkan teknologi baru, terutama dalam pemasangan pipa-pipa gas dan pipa-pipa minyak di dasar lautan. Teknologi kelautan dan teknologi bawah air mereka kuasai betul dan sejak dulu orang-orang Norwegia terkenal sebagai bangsa yang sangat ulet dan pemberani. Mereka keturunan orang Viking.

Ada satu hal yang sangat menarik. Menteri perminyakan Norwegia secara pribadi pernah mengatakan bahwa Norwegia dengan menerapkan teknologi enhanced recovery dari Amerika berhasil memperbesar cadangan minyak Norwegia dengan tiga kali lipat tanpa menyentuh kawasan-kawasan baru. Ini sesuatu yang sangat menakjubkan.

Norwegia pernah menawarkan teknologi tersebut kepada Indonesia, tetapi mereka minta konsesi minyak tersendiri dengan persyaratan umum yang sama dengan perusahaan lain. Ini terjadi pada akhir tahun 1980-an. Namun, kita masih terlalu terlena dengan ”kemudahan-kemudahan” yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan Amerika. Pejabat Pertamina tidak mau mendengarkannya.

Contoh lain, lihat Petronas. Lomba Formula 1 di Sirkuit Sepang disponsori oleh Petronas. Petronas itu belajar perminyakan dari Pertamina, tetapi kini jauh lebih kaya dibanding Pertamina. Gedung kembarnya menjulang di Kuala Lumpur. Ironisnya, banyak sekali pemuda/insinyur Indonesia yang bekerja di Petronas.

Kenapa banyak sekali warga Indonesia dapat bekerja dengan baik dan berprestasi di luar negeri, tetapi begitu masuk kembali ke sistem Indonesia tidak dapat berbuat banyak?

Jika kita boleh ”mengutip” Hamlet, dia bekata, ”There is something rotten, not in the Kingdom of Denmark, but here, in the Republic of Indonesia.”

Lengah-terlena

Salah satu kelemahan Indonesia dan kesalahan bangsa kita adalah mempunyai sifat complacency (perkataan ini tidak ada dalam Bahasa Indonesia, cari saja di kamus Indonesia mana pun), sikap semacam lengah-terlena, lupa meningkatkan terus kewaspadaan dan pencapaian sehingga mudah disusul dan dilampaui orang lain.

Lihat perbulutangkisan (contoh Taufik Hidayat). Lihat persepakbolaan Indonesia dan PSSI sekarang. Ketuanya saja meringkuk di bui tetap ngotot tak mau diganti sekalipun sudah ditegur oleh FIFA.

Apa artinya itu semua? Kita, orang Indonesia tidak lagi tahu etika, tidak lagi punya harga diri, dan tidak lagi tahu malu. Titik.

Ketidakmampuan Pertamina mengembangkan teknologi perminyakan merupakan salah satu contoh yang sangat baik tentang bagaimana salah urus suatu industri. Minyak dan gas di Blok Cepu dan Natuna disedot perusahaan-perusahaan asing, sementara negara nyaris tak memperoleh apa pun. Dalam hal ini, Pertamina bukan satu-satunya. Perhatikan benar-benar semua perusahaan BUMN Indonesia yang lain. Komentar lain tidak ada.

catatan: gambar pompa minyak bumi diperoleh disini, hanya untuk mendramatisir cerita

19 komentar:

  1. kan kamu uda bilang...
    Indonesia-mu adalah Indonesia-ku juga

    BalasHapus
  2. kalo pertamina nanti diklaim malaysia baru kapok kali...

    BalasHapus
  3. Yang menikmati kekayaan alam Indonesia cuman segelintir orang...

    BalasHapus
  4. orang Indonesia itu sebenarnya pintar, namun juga sekaligus bodoh karena merasa pintar. Kenapa? Ya, lihat saja. Lihat dan perhatikan baik-baik tulisan mas luxsman diatas. Pasti mengerti kenapa saya bilang gitu.

    BalasHapus
  5. waduw,,jangan merendahkan yah,,,tp sebaiknya di kasih kalimat gini " makanya ayo semangat dunk,,,,,," gitu,,,
    I love you full indonesia

    BalasHapus
  6. blm di kelola secara baik dan benar

    BalasHapus
  7. ironis sih... di negara yang berlimpah minyak gini tapi penduduknya tetep ajah miskin, harga minyak mahal... apa sih yang murah di indo?

    maaf lahir bathinjuga ya.
    udah lama ga kemari :)

    BalasHapus
  8. Pertamina harus terus dikritik dan dikasih masukan supaya jadi lebih baik!

    BalasHapus
  9. sesungguhnya kekayaan bumi kita ini konon sungguh luar biasa, mas luxsman. sayangnya banyak yang salah urus. semoga momen lebaran tahun ini menjadi awal kesadaran yang bagus utk mengelola kekayaan alam sesuai dengan fungsi dan kemanfaatannya buta rakyat.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. malaNgx indonesiaku..
    tapi aq tetap bangga menjadi warga indonesia..:)

    BalasHapus
  12. trus? gimana enaknya? kalo misalnya pengambilan dihentikan gimana? bisa ga? ntar bisa jadi perang.

    yg ngambil minyak pertamina aja, negara lain ga usa.

    BalasHapus
  13. nih jaman uang cetak uang. kalau gak ada duit bakalan tambah sengsara deh

    BalasHapus
  14. Semoga indonesia bisa bangkit ya, bisa mandiri sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan bantuan negara lain.

    BalasHapus
  15. sayangnya orang2 berkeputusan masih bergantung dengan ilmu orang luar,coba dikasih kepercayaan terhadap anak2 bangsa mengelola SDA negeri ini ...
    padahal orang2 kita tak kalah pandainya

    BalasHapus
  16. @gajah_pesing dan @mel : Hiduplah Indonesia Raya...
    @suryaden : emange gelem malaysia akuisisi PERTAMINA???
    @marsudiyanto : kita juga sudah menikmati, tapi cuma beberapa persen
    @neng ocha : makasih, jadi malu saya....
    @online : dikelola bareng-bareng yunk.. sebagai warga neggara yang baik hati....

    BalasHapus
  17. @quini : yang murah sudah gak ada, ssekarang mahal semua....
    @haris : sudah bosen kritik PERTAMINA
    @sawali : Amien ya robbal alamien... *berpikir khuznuzon*
    @chie_putri : Hiduplah Indonesia Raya...
    @nobodyknows : kalo gak ada negara lain, yang investasi siapa??? kan belum punya duwit banyak INDONESIA...

    BalasHapus
  18. @webmaster : kata orang ekonomi, "semakin besar nilai mata uang suatu negara, maka semakin miskin negara tersebut"
    @edi : Hiduplah Indonesia Raya....
    @kreatips : betul sekali, tapi banyak warga negara indonesia yang cerdas sudah dikontrak dulu sama perusahaan asing...

    BalasHapus
  19. ini tantangan buat anak-anak FTI. agar bsia kelola sendiri minyaknya.

    masa kalah dengan penjual minyak di jalan. keringatnya bau sorga

    BalasHapus